KKP Ajak Dunia Usaha Bangun Kawasan Terumbu Karang

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengharapkan dunia usaha berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi di kawasan segitiga terumbu karang (Coral Triangle). Pengusaha diminta tidak hanya mementingkan aspek keuntungan semata tetapi memperhitungkan kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. 

ôDibutuhkan pengenalan dan penyebarluasan ide pembangunan ekonomi yang tidak semata-mata meningkatkan pertumbuhan ekonomi tetapi mempertahankan kelestarian lingkungan dan mensejahterakan masyarakat, bukan hanya segelintir orang,ö ujar Dirjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil KKP Sudirman Saad.

Dia juga menegaskan komitmen KKP dalam mengusung paradigma blue Economy dalam mengakselerasi industrialisasi kelautan dan perikanan sehingga sektor ini bisa menjadi penggerak pembangunan ekonomi nasional. 

 Menurutnya, dalam Rapat Kerja KKP 7 Maret, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) sektor perikanan tahun 2011-2012 mencapai 6,48 persen. Pertumbuhan ini lebih tinggi dibanding PDB nasional sebesar 6,23 persen dan jauh di atas pertumbuhan PDB sektor pertanian yang hanya 3,97 persen.

Sudirman juga menyatakan, potensi sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia sangatlah besar. Potensi ekonomi di laut dan wilayah pesisir Indonesia diperkirakan mencapai 1,2 triliun dolar AS per tahun atau setara dengan 10 kali lipat anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2012. 

Akan tetapi, jika pembangunan sektor kelautan dan perikanan diselaraskan dengan pendekatan blue economy, maka pembangunan industrialisasi di sektor kelautan dan perikanan akan berlangsung secara berkelanjutan.

Oleh sebab itu, lewat berbagai program, KKP saat ini tengah aktif membenahi sistem produksi hulu dan hilir sebagai upaya meningkatkan nilai tambah, produktivitas, dan skala produksi sumber daya kelautan dan perikanan.

Sudirman juga menyatakan bahwa perayaan Coral Triangle Day penting dijadikan momentum meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap penyelamatan ekosistem terumbu karang bagi ketahanan pangan dan keberlanjutan perikanan.

ôPelestarian terumbu karang akan mendukung konsep blue economy sebagai paradigma baru pembangunan kelautan dan perikanan,ö ungkapny